Profil Desa Gandamekar Kadungora Garut

Desa Gandamekar berada di kawasan Kabupaten Garut, Kecamatan Kadungora. Luas wilayah Desa Gandamekar adalah 253 Ha, luas persawahan 75 ha,luas ladang 63 Ha, luas pemakaman 2 Ha,luas pemukiman 19,5 Ha, luas jalan desa 2 Ha, luas hutan lindung 60 Ha, dan luas lain-lainnya 13,5 Ha.

Jumlah penduduk Desa Gandamekar yaitu 7030 jiwa, dengan rincian 3682 orang laki-laki dan 3348 orang perempuan. Jumlah kepala keluarga di Desa Gandamekar sebanyak 1715 kepala keluarga.

Adapun batas daerah Desa Gandamekar sebagai berikut :

Sebelah Utara : Desa Ciherang
Sebelah Timur : Desa Mekarbakti dan Desa Cisaat
Sebelah Selatan : Desa Kadungora
Sebelah Barat : Desa Karang Tengah

Penggunaan Lahan & Perhubungan

Pemanfaatan lahan di Desa Gandamekar sebagian besar digunakan untuk lahan pertanian.

Akses jalan di Desa Gandamekar mudah dijangkau oleh masyarakat luar karena keadaan jalan sudah baik dan terdapat fasilitas angkutan umum yang melalui jalan raya dan ojeg yang jumlahnya sekitar 82.

Kondisi jalan dapat dilewati kendaraan roda 4, namun ada beberapa jalan yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 4.

Selain itu jalan di Desa Gandamekar ada yang masih berbatu, dan semi hotmik. Potensi Bencana di Desa Gandamekar salah satunya adalah tanah longsor di sekitar daerah kaki Gunung Kaledong dan pada tahun 2010 pernah terjadi angin putting beliung yang merusak sekitar 15 rumah warga di Desa Gandamekar.

– Luas Lahan Keseluruhan : 235 ha/m2

– Lahan persawahan : 75 ha/m2

– Lahan Kering : 63 ha/m2

– Lahan perkebunan : –

– Lahan Fasilitas Umum : 37 ha/m2

– Lahan Hutan : 60 ha/m2

Demografi

Jumlah seluruh penduduk adalah 7030 jiwa, dimana jumlah laki-laki 3682 orang dan perempuan 3348 orang. Dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1715 kepala keluarga dan semua penduduk di Desa Gandamekar menganut agama Islam.

Masyarakat di Desa Gandamekar sebagian besar bekerja di sektor pertanian dan perkebunan yang utamanya adalah palawija.

Sebagian masyarakat yang lainnya menjadi peternak sebagai pekerjaan sampingan, home industry, dan PNS.

Sedangkan untuk tingkat kesejahteraan di Desa Gandamekar dapat dikatakan tidak merata.

Hal itu dapat dilihat dari kesenjangan kepemilikan serta kondisi dari tempat tinggal antara warga yang satu dengan warga yang lain.

Kepadatan penduduk hampir merata di seluruh daerah di Desa Gandamekar. Dengan pola pemukiman menyebar hampir di semua daerah di Desa Gandamekar.

Pemerintahan Desa

Di Desa Gandamekar terdapat dua lembaga utama yakni lembaga pemerintah dan lembaga kemasyarakatan.

Lembaga pemerintahan terdiri dari pemerintah Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Sedangkan lembaga kemasyarakatan diwakili oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK, Dusun, Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT), Karang Taruna, Simpan Pinjam, dan Industri Pakaian.

Saat ini pemerintah Desa Gandamekar dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dipilih oleh masyarakat, yakni Bapak Popo Kosasih. Dalam kepengurusan pemerintah Desa Gandamekar, beliau dibantu oleh beberapa orang aparat desa lainnya.

Ekonomi

Aktivitas ekonomi di desa Gandamekar merupakan aktivitas warga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aktivitas ekonomi di Desa Gandamekar pada umumnya telah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada mulanya masyarakat hanya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani saat ini aktivitas ekonomi di Desa Gandamekar telah berkembang.

Jadi tidak hanya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani tetapi juga ada beberapa penduduk yang bermatapencaharian sebagai produsen di bidang industry rumah tangga atau produksi hand made.

Pendidikan

Kesehatan

Masyarakat di Desa Gandamekar sendiri, sudah menerapka pola hidup yang cukup baik.

Tidak merokok di muka umum, melakukan kegiatan MCK (Mandi Cuci Kakus) di tempat yang seharusnya, membantu mensukseskan program pemerintah seperti program KB (Keluarga Berencana), Imunisasi, KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), bahkan sampai program percobaan yang baru dijalankan pemerintah satu tahun kemarin JAMPERSAL (Jaminan Persalinan).

Di Desa Gandamekar juga tersedia beberapa tenaga kesehatan, yaitu satu buah puskesmas serta dua dokter dan satu bidan yang juga membuka praktek sendiri di Desa Gandamekar ini.

Dalam hal ini, kami hanya membahas satu lembaga kesehatan yaitu Puskesmas yang berada di Desa Gandamekar Puskesmas tersebut berada di Jl. Hanggasa Hilir RT:01/RW:03. Di Puskesmas Gandamekar terdapat enam orang pengelola yang terdiri dari satu orang kepala puskesmas, satu orang bidan, dua orang perawat, satu orang perawat gigi, dan satu pengelola obat.

Menurut Bapak Nanung Kepala Puskesmas Gandamekar, Di Kecamatan Kadungora sendiri terdapat satu Puskesmas Pembina yang berlokasi di Rancasalak, dan dua puskemsas pembantu dan salah satunya berada di Desa Gandamekar ini.
Related Posts

0 Response to "Profil Desa Gandamekar Kadungora Garut"

Post a Comment