Bikin Ngeri, Masker Scuba Ternyata Beneran Gak Aman Dipakai, Buang Jauh-jauh!

Larangan masker scuba dan buff belakangan mengemuka setelah PT Kereta Commuter Indonesia mengumumkan anjuran pemakaian jenis masker yang efektif. Penumpang disarankan menggunakan masker dengan persentase tertentu untuk menahan droplet, demi mencegah penyebaran virus corona.

Masker scuba dan buff disebut memiliki efektivitas rendah dalam menangkal virus, bakteri dan, debu. Tingkat efektivitas keduanya antara 0-5 persen, angka ini jauh di bawah masker kain tiga lapis dengan persentase efektivitas 50-70 persen.

Praktisi klinis sekaligus relawan Covid-19, dokter Muhamad Fajri Adda'i mengungkapkan, masker scuba dibuat dari bahan tipis yang elastis. Selain itu masker jenis ini hanya terdiri atas satu lapisan kain dan punya kecenderungan melonggar.

"Masker scuba itu tipis satu lapis, tidak efektif, karena bahannya neoprene, cenderung elastis. Jika ditarik, pori akan membesar. Padahal kita butuh kemampuan filtrasinya," terang Fajri yang merupakan spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) ini dikutip dari Antara.

Sumbet Artikel : CNN Indonesia
Related Posts

0 Response to "Bikin Ngeri, Masker Scuba Ternyata Beneran Gak Aman Dipakai, Buang Jauh-jauh!"

Post a Comment