Reaktivasi KA Cibatu-Garut Hampir Selesai, Kadin Garut : Jangan jadi Beban Pemerintah


Reaktivasi jalur perlintasan Kereta Api Cibatu-Garut, yang menghabiskan anggaran sebesar Rp400 miliar ini, memasuki tahap akhir pengerjaan. Bahkan seluruh terminal pemberhentian sudah siap pakai. 

Kendati proses pekerjaan telah hampir selesai dan rencananya PT KAI akan mengoperasikan pada tahun 2021, belum terlihat adanya upaya dalam merangkul pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam menjadikan promosi unggulan Kabupaten Garut.

Dengan beroperasinya kereta api Cibatu-Garut, banyak kalangan akan mendongkrak sektor perekonomian masyarakat. Jika sektor pariwisata jelas secara otomatis akang terangkat.

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Garut, revitalisasi kereta api Garut bukan saja sebagai kebanggaan tapi harus stimulator bagi pergerakan ekonomi. Diketahui, reaktivasi kereta api tahap pertama yang menghubungkan Stasiun Cibatu hingga Garut Kota, kabupaten Garut, akan segera selesai.

"Kita berharap reaktivasi dan pembangunannya statsiun yang megah ini, mampu memberikan daya dongkrak bagi kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat Garut khususnya, investasi pemerintah yang mahal ini jangan dijadikan sebagai investasi yang pasif dan menjadi beban pemerintah, akan tetapi juga harus ditunjang dengan kegiatan ekonomi berbasis investasi aktif. Kita harus bisa menjadikan moda transportasi ini sebagai stimulan dan katalisator bagi alat transportasi massal yang akan memberikan efesiensi waktu dalam beraktivitas, juga pengangkut produk dan komoditas Garut," ujar Ketua Kadin Garut, Yudi Nugraha Lasminingrat, Sabtu 7 November 2020.

Menurut Yudi, investasi pemerintah berupa transportasi massal berupa manusia dan barang, harus dijadikan dasar bagi para pelaku ekonomi khususnya baik dari sektor perdagangan, pertanian, kehutanan, perternakan, perikanan, kelautan bersinergis dengan perkembangan dan pelayanan transportasi yang dimiliki.

Sumber Artikel : https://www.google.com/amp/s/galamedia.pikiran-rakyat.com/news/amp/pr-35924763/reaktivasi-ka-cibatu-garut-hampir-selesai-jangan-jadi-beban-pemerintah
Related Posts

0 Response to "Reaktivasi KA Cibatu-Garut Hampir Selesai, Kadin Garut : Jangan jadi Beban Pemerintah"

Post a Comment