Tempat Main Paralayang di Jawa yang Wajib Dicoba Diantaranya Gunung Haruman, Garut

Saat ini siapapun bisa menjajal paralayang, tidak cuma eksklusif untuk para profesional. Nah, buat Sahabat Pesona yang ingin mencoba olahraga paralayang bisa mengunjungi beberapa lokasi ini. Tak perlu ragu soal keamanan, biasanya agen atau pengelola lokasi menyediakan instruktur pendamping yang siap menemani berkelana di atas permadani Nusantara.

Gunung Mas, Puncak, Bogor
Gunung Mas Puncak menjadi lokasi cukup ideal dan sangat populer buat masyarakat terutama di seputaran Jakarta. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan tempat ini untuk paralayang di sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Nama populernya adalah Bukit Gantole. Tempatnya cukup dekat dari Masjid Atta’awun yang menjadi penanda kawasan Puncak.

Gunung Putri Lembang, Bandung
Buat masyarakat Bandung dan Jawa Barat, spot paralayang Gunung Putri di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, memiliki keunikan tersendiri. Di tempat ini bisa menikmati sensasi terbang dari ketinggian 1.555 mdpl dan dimanjakan dengan pemandangan Lembang dari timur ke barat.

Bukit Gantole Cililin, Bandung
Lokasinya di Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, tempat ini juga menawarkan keindahan Bandung dari ketinggian. Lokasi ini juga pernah menjadi tempat perlombaan paralayang pada PON 2016, sehingga sisa-sisa fasilitasnya masih bisa dinikmati. Tempat ini menjadi salah satu lokasi latihan rutin atlet paralayang.

Gunung Kasur, Cianjur
Gunung Kasur di Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Sesuai dengan namanya, di gunung ini kamu bisa melihat lempengan batu yang bentuknya seperti Kasur dan terdapat situs bersejarah lainnya. Di ketinggian 1.080 mdpl, kita bisa menikmati hamparan pemandangan bukit yang indah sambil menghirup udara segar.

Bukit Toga, Sumedang
Lokasi ini menjadi lokasi kawasan wisata terpadu Kampung Toga di Desa Sukmajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Selain paralayang, lokasi ini juga menyediakan fasilitas penginapan, ruang pertemuan, dan kolam renang yang bisa kita gunakan untuk berlibur bersama keluarga.

Batu Dua, Sumedang
Batu Dua, Gunung Lingga, di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Sumedang memiliki pada ketinggian 930 mdpl. Kawasan ini juga memiliki beberapa titik termal (uap panas bumi) yang menjadi syarat utama paralayang untuk terbang. Jumlah titik termal yang lebih banyak dari tempat lain memungkinkan paralayang terbang lebih tinggi dan lebih lama.

Gunung Haruman, Garut
Gunung Haruman terletak di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Garut, memiliki ketinggian sekitar 1.300 mdpl dan didukung pemandangan pesawahan yang indah. Aktivitas paralayang di lokasi ini juga banyak dilakukan oleh wisatawan mancanegara.

Perkebunan Teh Kemuning, Karanganyar
Lokasi berada di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, biasanya dipakai untuk latihan para atlet paralayang Jawa Tengah. Dengan pemandangan perkebunan teh dan pemandangan Solo Raya dari ketinggian. Di lokasi ini tidak hanya menyediakan spot paralayang tetapi juga menyewakan kamera aksi bagi yang ingin mengabadikan pemandangan dari ketinggian.

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Ungaran
Berparalayang di tempat ini kita juga bakal dikenai tarif sebesar Rp350 ribu. Dengan biaya itu, kita akan diajak menempuh jarak terbang 2,5 kilometer dengan waktu sekitar 10-15 menit. Kita juga bisa pinjam kamera dengan biaya sewa sebesar Rp50.000.

Puncak Joglo, Wonogiri
Tempat lepas landas paralayang yang juga patut dicoba adalah Puncak Joglo di Wonogiri. Mematok tarif Rp350 ribu, kita bakal terbang di atas birunya Waduk Gajah Mungkur dan permainya perbukitan di Wonogiri. Ciamik! Landasan yang digunakan di bukit ini sudah sesuai standar internasional, lho. Selain menjadi tempat bermain paralayang, Puncak Joglo juga menjadi tempat latihan para atlet gantole.

Gunung Banyak, Batu
Gunung Banyak termasuk tempat wisata favorit di Batu, Jawa Timur. Tempat ini hadir dengan memadukan keindahan alam dengan pemandangan kota. Tempat inipun kerap dipakai untuk lokasi lomba paralayang tingkat nasional dan internasional. Tidak hanya atlet paralayang profesional yang boleh terbang landas di sini, para pemula juga bisa mencobanya dengan didampingi instruktur ahli dan berpengalaman.

Sumber :
https://pesona.travel/keajaiban/4021/tempat-main-paralayang-di-jawa-yang-wajib-dicoba


Related Posts

0 Response to "Tempat Main Paralayang di Jawa yang Wajib Dicoba Diantaranya Gunung Haruman, Garut"

Post a Comment

iklan Google