Merasakan Kenikmatan 8 Brand Kopi Garut

1. Kopi Arabika Garut Buhun 


Jenis kopi arabika kandungan kafeinnya adalah sebesar 1,4 persen. Kopi ini awal muncul di Brazil serta di Ethiopia. Kopi ini dengan mudah tumbuh di ketinggian 700 hingga 1700 mdpl. Suhu yang memungkinkan untuk tanaman ini berkembang adalah 16 sampai 20 derajat celcius. Kopi arabika termasuk rentan hama karat daun. Kendati demikian kopi arabika ini sangat menguasai pasar kopi dunia. Di Indonesia arabika banyak dibudidayakan di pegunungan pulau Jawa dan Sumatera.

Kopi Garut Buhun maksudnya adalah Kopi Garut yang telah menua. Biji kopi diambil dari pohon yang sudah tua dengan tinggi pohon 3 hingga 9 meter. Kopi dari pohon tua rasa memiliki rasa tembakau yang lebih khas. Dengan notes caramel lembut, kopi ini bodynya tergolong kurus. Dijual 200 gramnya dalam harga Rp 67.000


2. Kopi Galigo Arabica Garut 


Kopi arabika memiliki karakter beraroma wangi dengan rasa asam. Ada kekentalan pas di mulut dan sedikit pahit serta teksturnya halus. Kopi yang menguasai 70 pangsa pasar ini memiliki banyak varian.

Ada Kopi Galigo Arabica Garut yang bisa Anda coba. Kopi ini diolah secara alami hingga memunculkan kualitas kopi terbaik. Kopi ini dijual dalam aneka harga tergantung dari berat kopinya. Untuk 100 gram 10 pack harganya adalah Rp 45.000. Kopi Galigo ini unik karena memiliki manfaat untuk mengurangi gula darah. Selain itu kopi juga bermanfaat untuk mengurangi asam urat. Kopi ini juga aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita maag

3. Kopi Garut Samarang 


Biji kopi disangrai agar terjadi perubahan kimiawi dan mengeluarkan aroma yang harum. Berat kopi yang sudah disangrai jadi berkurang karena kadar air dalam biji kopi pun sudah dikeluarkan. Jika ingin menyeduh kopi hendaknya biji kopi yang sudah dipanggang segera dihaluskan dan digunakan agar kesegarannya terasa.

Silahkan coba Kopi Garut Samarang. Kopi Yellow Tipica ini diproses semi wash dan light roast. Berkarakter manis dan ada hint rasa anggur dan lemon. Dijual kemasan 200 gram pada harga Rp 85.000. Kopi Samarang ini merupakan single origin Garut yang terkenal akan rasanya. Berkualitas premium

4. Biji Kopi Green Bean Arabica Java Garut 


Biji kopi yang sudah mengering warnanya jadi kehijauan. Saat kopi dalam proses ini kopi jadi tak memiliki rasa dan aroma khas. Untuk menjajalnya Anda bisa coba Green Bean Arabica Java Garut.

Biji kopi ini ditanam di ketinggian 1600 mdpl di Gunung Papandayan Garut. Berkarakter segar nutty dengan rasa herbal pedas dan karamel ringan. Memiliki tingkat keasaman sedang dengan body kopi high.

5. Kopi Luwak Garut Asli 


Kopi luwak ini mulai ada di abad 18. Dengan karakter khasnya kopi ini mampu menarik minat para pecinta kopi. Salah satu produsen kopi luwak terbaik ada di Garut. Kopi luwak ini tergolong premium dengan rasa pahit dan sedikit rasa asam.

Diolah melalui sistem pencernaan luwak, biji kopi ini pun memiliki kualitas ekspor yang luar biasa. Rasa manis dari kopi luwak berbeda dari kopi biasa.

6. Kopi Garut Biji Kuning Specialty Yellow Bourbon 


Biji Kopi Kuning asal Garut sangat diunggulkan. Kopi ini memiliki nilai jual tinggi sama dengan Kopi Arabika Merah Garut. Silahkan jajal kopi Garut Biji Kuning Speciality Yellow Bourbon.

Kopi ini digiling medium dan disangrai. Biji kopinya dari gunung Papandayan dan ditanam pada daerah berketinggian 1200 mdpl. Jenis kopi kuning ini langka karena merupakan peninggalan VOC. Berkarakter nutty dan aftertastenya rasa caramel dan lemon. Body kopi terbilang mild dengan tingkat kemanisan sedang. Kopi ini dijual Rp 85.000

7. Biji Kopi Robusta Java Preanger Garut 


Kopi robusta hanya menguasai 30 persen pangsa pasar kopi dunia. Kopi ini banyak diproduksi di Indonesia dan Kolumbia juga Filipina. Bau biji kopinya manis dengan tekstur kasar. Bisa ditanam di dataran yang tak terlalu tinggi. Kadar kafein kopi robusta lebih tinggi dari arabika.

Coba biji Kopi Robusta Java Preanger Garut ini. Ditanam di ketinggian 1400 mdpl kopi ini di panggang medium. Berbody medium kopi memiliki rasa balance dengan hint chocolate flavour

8. Kopi Garut Klasik 


Butuh waktu 9 bulan untuk menumbuhkan biji kopi hingga berbuah. Kopi Arabika ini tergolong lebih susah dipelihara dengan rasa terkenal pahit. Tekstur kopi lebih lembut dan berbodi kental saat diminum. Yuk jajal Kopi Garut Klasik.

Kopi Garut Klasik ini beraroma karamel dan cokelat. Tingkat keasamannya rendah dengan rasa manis dan body mild. Ada aftertaste medium dalam kopi ini


Sumber :
https://bp-guide.id

Related Posts

0 Response to " Merasakan Kenikmatan 8 Brand Kopi Garut "

Post a Comment