Mengenal Kopi Garut yang Dulunya Mendunia

Kopi asal Garut Jawa Barat pertama kali dibawa masuk oleh Belanda di zaman kolonial. Kopi ini sangat melegenda di kalangan bangsa Eropa. Ditanam di ketinggian 1300 mdpl, kopi ini terdiri dari dua jenis yakni robusta dan arabika. Kendati demikian, kopi Garut kerap dikenal dengan nama Kopi Preanger.

Kopi ini sudah sangat dikenal luas hingga mancanegara. Bahkan dalam perkembangan terkini, kopi ini menjadikan Indonesia sebagai pengekspor terbesar Kopi Preanger.

Sejarah Kopi Garut 


Salah satu penghasil kopi terbaik di dunia adalah tanah air kita Indonesia. Minuman lezat ini digemari di seluruh dunia sebagai minuman pembuka hari, dengan yang paling terkenal sejak zaman dahulu adalah kopi jawa. Kawasan Priangan di mana kopi pertama kali ditanam dan dibudidayakan menjadi sangat identik dengan kopi khas Pulau Jawa. Bagaimana selengkapnya sejarah Kopi Garut ini? Yuk simak ulasan BP Guide.

Era Kolonialisme Belanda 



Tahun 1969 Belanda membawa masuk biji kopi ke Indonesia. Lalu kopi ditanam dan dibudidayakan di Batavia namun gagal. Selanjutnya biji kopi coba ditanam di daerah Priangan pada awal tahun 1700an dan berhasil dengan memuaskan. Saat itu industri kopi hanya menguntungkan Belanda. Kopi di Priangan ditanam paksa oleh rakyat Indonesia dari tahun 1720 hingga 1870. Kemudian rakyat merusak tanaman kopi hingga kebun kopi rusak dan produksinya menurun.

Kopi asal Priangan ini diekspor ke Eropa di tahun 1711. Namun ekspor dilakukan di bawah naman VOC. Belanda pun memonopoli perdagangan kopi tersebut dan meraup banyak untung dari penjualan kopi, pada perkebunan kopi di Pulau Jawa.

Era Masa Kini

Di era modern, Kopi Garut pun terus dikembangkan. Saat ini Kopi Garut dikelola oleh Perum Perhutani KPH Garut. Dari tahun 2002 hingga 2011 lahan kopi Garut bertambah hingga 2143 hektar, dan pengelolaanya dibantu 53 Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Sebanyak 3050 tenaga kerja pun digerakkan demi majunya kopi Garut ini.

Sebagai penghasil kopi arabika terbaik di Jawa Barat, daerah Garut memang sangat potensial. Industri kopi Garut pun main berkembang dan membuat banyak pihak swasta mulai melirik potensi Kopi Garut. Kedai kopi pun mulai bermunculan dan makin menggiatkan para pengolah kopi untuk meningkatkan kinerjanya.

Sumber :
https://bp-guide.id/AXK8cPi8
Related Posts

0 Response to "Mengenal Kopi Garut yang Dulunya Mendunia"

Post a Comment