Mimpi Garut Miliki Stasiun Kereta Termegah Bakal Terwujud Sebentar Lagi

Progres Reaktivasi kereta api tahap pertama yang menghubungkan Stasiun Cibatu hingga Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat, menerbitkan keceriaan bagi masyarakat kota Intan.

Bahkan penantian panjang empat dekade mereka, bakal semakin terbayar dengan rencana pembangunan stasiun kereta api termegah di Indonesia. "Kalau lihat desainnya, bayangan saya begitu (termegah), orang Garut harus bangga," ujar Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro, saat mengecek reaktivasi kereta api di Stasiun Garut Kota, Jumat (31/1/2020).

Menurutnya, kehadiran kereta api hingga jantung pusat kota Garut, seakan oase atas dahaga moda transportasi massal yang aman, nyaman dan bebas dari macet sejak lama. "Kita rencanakan untuk stasiun pembangunannya tahun depan," kata dia.

Saat ini, setelah pengerjaan pemasangan rel single track usai, petugas terus menguji coba, termasuk mengecek kesiapan seluruh infrastruktur pendukung yang aman saat digunakan. "Kalau dimungkinkan nanti kita uji coba minggu kedua Februari, sekarang ini kiri kanan kita lengkapi semua ya," ungkap dia.

Dengan upaya itu, masyarakat Garut kota, serta kecamatan lain yang dilintasi jalur kereta, bisa menikmati perjalanan lebih cepat hingga ibu Kota Jakarta, dalam satu rangkaian perjalanan kereta secara lengkap. "Tentunya dengan harga yang bisa dijangkau masyarakat dari sini, bukan hanya manusianya, tapi barang-barang kerajinan," kata dia.

Sebagai daerah tujuan wisata, hasil kerajinan serta hasil bumi kota Intan yang begitu mempesona, kehadiran kereta yang optimal ujar Edi, diharapkan mampu menjawab kerinduan masyarakat. "Saya berharap untuk (perjalanan) pertama kereta orangnya bisa delapan (gerbong), atau ditambah satu kereta untuk barang," ujar dia, mengomentari potensi kereta yang bisa dimanfaatkan masyarakat Garut.

Di tengah proses rangkaian uji coba, Edi mengakui salah satu kendala yang tengah dihadapi lembaganya, yakni belum turunnya izin operasional jalur kereta, dari Kementerian Perhubungan. "Saya berharap lebih cepat lagi, saya komunikasi dengan pak Dirjen secepatnya," kata dia.

sumber :
https://m.liputan6.com/amp/4168657/mimpi-garut-miliki-stasiun-kereta-termegah-bakal-terwujud-sebentar-lagi


Related Posts

0 Response to "Mimpi Garut Miliki Stasiun Kereta Termegah Bakal Terwujud Sebentar Lagi"

Post a Comment