Kebijakan Menteri ESDM di Tengah Pandemi: Hapus Premium, Kurangi Subsidi Listrik

Dalam kondisi merebaknya pandemi virus corona, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan kebijakan mengenai subsidi.

Salah satunya listrik. Pemerintah akan mengurangi subsidi listrik pada 2021. Padahal, relaksasi tagihan listrik ini bisa meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menteri ESDM Arifin Tasrif juga berencana menghapuskan pemakaian BBM jenis Premium dan Pertalite. Adapun subsidi lainnya yang juga turut dikurangi yakni subsidi minyak solar dan tak ada penambahan subsidi gas LPG 3 kilogram.

Berikut sederet kebijakan Menteri ESDM Arifin Tasrif di tengah pandemi:

Menteri ESDM Benarkan Premium dan Pertalite Akan Dihapus

Menteri ESDM Arifin Tasrif membenarkan adanya rencana pemerintah untuk menghapus penggunaan Premium dan Pertalite. Arifin mengatakan, kebijakan itu sesuai rencana pemerintah beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

"Terkait Premium dan Pertalite, ke depan memang akan ada penggantian menggunakan energi yang lebih bersih untuk meringankan beban lingkungan," ujarnya dalam rapat dengan Komisi VII DPR, Kamis (25/6).

Pastikan Kurangi Subsidi Listrik untuk Tahun 2021

Kebijakan lainnya yang dikeluarkan Arifin Tasrif yakni pengurangan subsidi listrik untuk tahun 2021.

Dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR, Senin (29/6), Arifin menjelaskan kebijakan mengurangi subsidi tersebut demi mendorong efisiensi PT PLN (Persero).

"Dengan penetapan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran serta mendukung asumsi makro yang baik dan efisiensi PLN persero, maka besaran subsidi listrik biaya pokok dipastikan terus menurun," jelas Arifin kepada Komisi VII DPR, Senin (29/6).

Artikel :
https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanbisnis/kebijakan-menteri-esdm-di-tengah-pandemi-hapus-premium-kurangi-subsidi-listrik-1ti8dQ0P8wX
Related Posts

0 Response to "Kebijakan Menteri ESDM di Tengah Pandemi: Hapus Premium, Kurangi Subsidi Listrik"

Post a Comment

iklan Google