Keren Banget! Penampakan Uang Khusus Rp 75.000 Terkena Sinar UV

Uang rupiah khusus edisi Kemerdekaan RI pecahan Rp 75.000 sangat diminati oleh masyarakat. Pasalnya uang ini hanya terbit dalam waktu-waktu tertentu dan hanya dicetak 75 juta lembar.


Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim menjelaskan uang ini juga memiliki sistem keamanan yang tinggi, agar tidak mudah dipalsukan.

"UPK Rp 75.000 ini menggunakan teknologi tinggi yang digunakan di negara lain. Unsur pengamanan lebih detail dan lengkap dengan teknologi terkini yang belum ditemukan pemalsuan sebelumnya," ujar dia kepada detikcom, Jumat (21/8/2020).

Jika menggunakan sinar ultraviolet maka hasil cetak uang Rp 75.000 ini akan memendar. Kemudian akan tampil nomor seri dan tulisan NKRI dengan latar hijau.

Uang ini bergambar utama Pahlawan Nasional Soekarno dan Hatta. Kemudian gambar anak Indonesia dengan pakaian adat daerah. Uang juga akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda.

Kemudian nomor seri meliputi tiga huruf dan enam angka. "Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba. Lalu gambar yang terlihat apabila diterawang ke arah cahaya," jelas dia.

Sumber Artikel :
https://m.detik.com/finance/moneter/d-5141642/keren-banget-penampakan-uang-khusus-rp-75000-terkena-sinar-uv?utm_source=notifikasi&utm_campaign=browser&utm_medium=mobile
Related Posts

0 Response to "Keren Banget! Penampakan Uang Khusus Rp 75.000 Terkena Sinar UV"

Post a Comment