Viral Pemulung Ngaji di Trotoar, Ternyata Sembari Mencari Ibu Kandung


Foto Muhammad Gifari Akbar (16), pemulung yang tengah berteduh sambil membaca Alquran di pinggir trotoar di Jalan Braga, Bandung , jadi viral setelah diunggah di media sosial. 

Diketahui, Akbar jadi pemulung sejak putus sekolah kelas 4 SD sudah berkeliling ke berbagai kota sambil mencari ibunya yang meninggalkannya dari bayi.

Ditemui di rumahnya, Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, dia mangatakan baru beberapa hari ini datang dari Bandung dan berada di rumah ayahnya setelah diantar salah seorang dari pesantren usai ditemukan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Foto Akbar yang viral itu diunggah pertama kali oleh akun @awan_rozy di Instagram. Dalam keterangannya, foto itu diambil pada Selasa 27 Oktober 2020.

Di Bandung, Akbar mencari rongsokan, dan sudah berkeliling ke berbagai kota seperti ke Bandung, Jakarta, hingga Lampung. Apa yang dilakukannya itu sekaligus untuk mencari ibu kandungnya. Setiap pergi mencari rongsokan, dia selalu membawa Alquran karena selalu ingat pesan ayahnya untuk selalu membawa Alquran.

Unggahan tersebut mengundang banyak perhatian berbagai pihak, termasuk pengasuh pondok pesantren yang menawarkan Akbar untuk masuk pesantren melanjutkan pendidikan formal sampai kuliah secara gratis.

Akbar mengatakan pekerjaan yang dilakoninya memang sudah berlangsung cukup lama. Barang rongsokan itu dijual untuk kebutuhan makan, bahkan tak jarang dia membagikan barang rongsokan yang sudah dikumpulkannya pada sesama pemulung yang belum bisa makan. "Sudah lama jadi pemulung, untuk makan," kata Akbar, Jumat (6/11/2020).

Dia pun mengaku tak mengetahui sosok orang yang mengabadikan dirinya sedang mengaji. Namun usai fotonya viral, banyak yang mencari tahu keberadaannya.

Artikel: okezone.com
Related Posts

0 Response to "Viral Pemulung Ngaji di Trotoar, Ternyata Sembari Mencari Ibu Kandung"

Post a Comment