Tahukah kamu 7 Obat-obatan Alami yang Disebut dalam Al-Quran dan Hadist

Sejak dulu, Nabi Muhammad SAW sering memberikan nasihat yang berkaitan dengan kebersihan dan menghindari penyakit.  Dalam hadits, Nabi Muhammad merekomendasikan penggunaan madu untuk penyembuhan beragam penyakit.

Keistimewaan Al-Quran tidak hanya tentang ilmu hukum, sains, akidah dan tauhid saja, tapi juga menjelaskan semua yang dibutuhkan oleh manusia termasuk obat-obatan alamiah.

Berikut adalah 6 obat-obatan alami dalam Al Quran dan Hadist:

1. Kurma

Kurma merupakan tumbuhan yang paling banyak disebutkan di dalam al-Qur'an. Dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur'an, 'Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam al-Qur'an kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam 16 surat.

Salah satu ayat dalam kitab suci yang menyebut kurma adalah Surat Maryam ayat 23-25. Dua ayat tersebut berkisah tentang derita dan rasa sakit yang mendera Maryam ketika hendak melahirkan. Ia bersandar ke pangkal pohon kurma.

Kemudian Allah melalui malaikat Jibril memerintahkan Maryam untuk menggoyang pangkal kurma itu ke arahnya, kemudian gugurlah buah kurma yang masak, untuk dimakan dan sebagai obat rasa sakit ketika melahirkan.

2. Jahe

Sejak ribuan tahun lalu, jahe sudah digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Bahkan, jahe disebut sebagai rempah paling menyehatkan di bumi

Tumbuhan herbal ini juga ternyata disebut dalam Al Quran.

"Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." - QS Al Insan ayat 17.

Ayat tersebut bercerita mengenai gambaran surga. Allah menyebut bahwa penghuni surga akan diberi minuman dengan campuran jahe.

3. Buah Tin

Al-Qur'an punya satu bab bernama Surah At-Tin yang berarti buah tin. Bahkan, Allah bersumpah atas nama buah tin dan juga buah zaitun.

Buah tin atau buah ara memiliki kandungan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

4. Pisang

Di dalam surah Al-Waqiah ayat 29, Allah menyebutkan buah pisang sebagai buah yang bersusun-susun.

Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina. Antioksidan ini punya banyak tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

5. Zaitun

Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam.

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

6. Madu

Madu sejak ribuan tahun lalu telah digunakan untuk mengobati beragam penyakit.

Bahkan, keistimewaan madu untuk kesehatan juga dijelaskan dalam Al Quran Surat An Nahl (Lebah) ayat 69.

"Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

7. Habbatus sauda

Habbatus sauda atau biji jintan hitam berasal dari tanaman subtropis asal Timur Tengah yang telah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun lalu.

Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis dalam salah satu hadits. Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habatussauda (jintan hitam) terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian." (Bukhori dan Muslim)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/
Related Posts

0 Response to "Tahukah kamu 7 Obat-obatan Alami yang Disebut dalam Al-Quran dan Hadist"

Post a Comment