Jejak Masa Pra Sejarah Di Gunung Haruman Garut

Tak jauh beda dengan gunung Sadahurip yang saat ini diramaikan menyimpan benda bersejarah berupa piramida yang diyakini usianya melebihi usia piramida Giza, gunung Haruman yang berada di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut pun diyakini memiliki beberapa jejak sejarah dari masa pra-sejarah.

Dikatakan kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Warjita, bahwa di kaki gunung Haruman ditemukan adanya bukti sejarah berupa batu kepala kuda yang diyakini masyarakat merupakan peninggalan dari Prabu Kiansantang.

"Nah kalau berdasarkan kajian historis sejarah, batu tersebut merupakan batu megalitik yang merupakan peninggalan masa pra-sejarah," ujar Warjita, saat ditemui di kantor Disbudpar dijalan Ciledug Garut, Sabtu (9/3).

Menurutnya, batu kepala kuda tersebut berbentuk mirip kepala kuda dalam kondisi masih kasar dan berada diketinggian gunung Haruman yang diyakini sebagai tempat pemujaan masyarakat pada masa pra-sejarah. "Masyarakat saat itu sudah menyakini adanya hal goib diketinggian sehingga mereka menempatkan benda pemujaan diketinggian gunung Haruman," jelas Warjita.

Dijelaskan Warjita, kebudayaan tersebut terus berlanjut hingga kini, dengan ditemukannya beberapa bukti lainnya seperti

Sumber : www.bedanews.com

Related Posts

0 Response to "Jejak Masa Pra Sejarah Di Gunung Haruman Garut"

Post a Comment