Tembakau Garut Tembus Hingga ke Kawasan Asia Tenggara

Tidak banyak yang tahu kalau tembakau dari Kabupaten Garut memiliki kualitas yang sangat bagus. Bahkan, saat ini sudah diexpor ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan negara Asia Tenggara lainnya.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Garut, Idin, mengatakan untuk yang diexpor ke kawasan Asia Tenggara, jenis tembakaunya berbeda dengan yang biasa dipasarkan di Indonesia.

"Kalau yang diexpor ke Asia Tenggara itu, khsusus produksi tembakau hitam. Beda dengan yang biasa dipasarkan di Indonesia," ujarnya, saat menerima kunjungan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, di Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis 23 Juli 2020.

Sedangkan untuk di Indonesia, terang Idin, tembakau Garut paling banyak dipasarkan ke wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Menurut Idin, produksi tembakau di Kabupaten Garut cukup potensial, dengan luas area pertanian tembakau mencapai 10 ribu hektare yang tersebar di 24 kecamatan.

"Produksi tembakau kita itu rata-rata 10 sampai 12 ton per hektar, dalam setahun," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menyebutkan uang yang beredar di petani tembakau Garut yang dikelola oleh hampir 8 ribu kepala keluarga (KK) mencapai sekitar Rp 200 miliar.

"Bahkan dengan pengelolaan pasca panen, uang yang beredar bisa mencapai antara Rp 400 miliar hingga Rp 600 miliar," katanya.

Sumber Artikel :
https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-35632837/tembakau-garut-tembus-hingga-ke-kawasan-asia-tenggara
Related Posts

0 Response to "Tembakau Garut Tembus Hingga ke Kawasan Asia Tenggara"

Post a Comment