Tak Mau Pindah Jualan, PKL Demo di Lokasi Pelantikan DPRD Garut

Aksi unjuk rasa PKL mewarnai pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, Selasa (14/8/2019). Penyebabnya, pedagang ingin kembali jualan di Jalan Ahmad Yani.

Aksi tersebut berlangsung Selasa siang di halaman Gedung DPRD Kabupaten Garut, Jalan Pahlawan, Kabupaten Garut. Seratusan PKL yang tergabung dalam Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG) menggeruduk saat proses pelantikan berlangsung.

Massa menuntut Pemkab Garut untuk memperbolehkan lagi berjualan di kawasan Jalan Ahmad Yani atau yang biasa disebut kawasan Pengkolan. "Kami siap menata diri agar lebih baik. Tapi gulanya (pusat keramaian berjualan) saat ini masih di kawasan perkotaan," ujar Ketua LPKLG Tatang dalam orasinya saat aksi. 

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, ada seratusan PKL yang berunjuk rasa. Ketegangan sempat terjadi saat massa merangsek masuk gedung dewan. Demonstran sempar terlibat aksi dorong-dorongan dengan ratusan personel kepolisian yang disiagakan.

Massa menuntut untuk kembali berjualan di Pengkolan setelah beberapa waktu lalu ditertibkan pemerintah. Tatang mengatakan, para pedagang dituntut untuk pindah lokasi jualan ke gedung PKL yang terletak di Jalan Guntur. Namun, para pedagang keberatan lantaran tempat tersebut dianggap tidak laik digunakan berjualan. "Sangat tidak layak. Pedagang ingin berjualan di kota karena memang pusat keramaian di sana. Kami siap untuk ditata asal tetap berjualan di Pengkolan," ucap Tatang.

https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-4663982/tak-mau-pindah-jualan-pkl-demo-di-lokasi-pelantikan-dprd-garut
Related Posts

0 Response to "Tak Mau Pindah Jualan, PKL Demo di Lokasi Pelantikan DPRD Garut"

Post a Comment

iklan Google