Tahukah Kamu Inilah 5 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Wasir Kambuh

Anda penderita wasir? Sebaiknya jangan sembarangan makan karena bisa-bisa wasir Anda tambah parah. Ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita wasir agar penyakitnya tidak kambuh.

1. Makanan Pedas
Pakar kesehatan menyebut makanan pedas salah satu penyebab paling umum dari kambuhnya wasir.
Cabai, sambal, dan berbagai makanan pedas lainnya bisa mempengaruhi sistem pencernaan dengan signifikan. Banyak orang yang bahkan mengalami diare setelah mengonsumsinya. Masalahnya adalah daire bisa memberikan tekanan pada anus dan akhirnya memicu kambuhnya diare.

2. Gorengan
Masalahnya adalah kandungan lemak di dalam gorengan sangatlah tinggi sehingga membuat pencernaan berjalan dengan lebih lambat. Hal ini tentu bisa meningkatkan risiko terkena sembelit.
Sembelit ternyata bisa meningkatkan risiko kekambuhan wasir. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang harus mengejan lebih keras demi buang air besar. Hal ini akan menyebabkan tekanan berlebihan pada bagian anus.

3. Kafein
Bagi penderita wasir, konsumsi kafein sebaiknya tidak dilakukan dengan sering karena kandungan ini bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh.
Jika sampai dikonsumsi dengan berlebihan, kadar cairan tubuh bisa menurun dengan drastis dan akhirnya membuat pencernaan terganggu. Kita pun lebih rentan terkena sembelit yang bisa memicu kekambuhan wasir.

4. Keju
Sebenarnya, keju jika dikonsumsi dengan jumlah dan porsi yang wajar akan memberikan manfaat bagi kondisi tubuh, namun jika kita mengonsumsinya terlalu sering, bisa menyebabkan dampak berupa kram atau nyeri perut yang dikhawatirkan akan menyebabkan kambuhnya ambeien. Apalagi jika kita juga tergolong malas mengonsumsi serat, risiko terkena masalah kesehatan ini pun akan meningkat.

5. Minuman beralkohol
Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsinya juga bisa meningkatkan risiko terkena ambeien, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam mengganggu sistem pencernaan yang akhirnya berimbas pada sembelit, salah satu penyebab utama kambuhnya wasir.

Sumber Artikel : Doktersehat.com
Related Posts

0 Response to "Tahukah Kamu Inilah 5 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Wasir Kambuh"

Post a Comment